Sabtu, 06 Maret 2010

Teluk Youteva

Port Numbay Jayapura Papua tak hanya kaya akan hasil bumi. Pulau terpaling timur di Indonesia juga menyimpan ribuan keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Banyak pilihan yang bisa anda kunjungi, ada wisata Alam, wisata Budaya, wisata Sejarah dan terlebih wisata fauna dan flora yang mungkin tidak bisa anda temui ditempat lain.

Semua tempat wisata yang mengagumkan ini masih natural. Dengan peradaban masyarakat pedalaman yang masih primitive, menjadikan Kota Jayapura sebagai sebuah tempat destinasi yang sangat menarik perhatian para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Kawasan perairan Teluk Youtefa merupakan sebuah teluk dengan panorama yang alami, asri dan ekostik yang ada di kota jayapura, berada sekitar 500m dari kota jayapura Mampunyai nilai history perang dunia II karena letak teluk ini sangat strategis. Di dalam teluk ini terdapat dua kampung bernama Kamp. Tobati dan Kamp. Enggros yang hidup sejak masa penjajahan Jepang dan sekutu di jayapura hingga kini masyarakatnya masih tetap mempertahankan adat dan budaya asli daerahnya. Teluk ini sering terjadi air laut surut. Sehingga di sekitar Kampung Tobati dan Enggros terbentang hamparan pasir yang berwarna kecokelatan. Saat air surut, warga banyak memanfaatkan daratan sebagai tempat bermain bola, voli, lomba layang-layang, dan sebagainya. Mengunjungi Kampung Tobati di kawasan Teluk Yotefa memang sulit untuk dilupakan. Suasana tenang dan sambutan hangat warga membuat terasa menyenangkan. Di sini anda dapat meneliti berbagai macam tradisi seperti pengukuhan Kepala Kampung, rumah panggung, perahu dayung serta tari-tarian tradisional.
Bagi yang ingin menghabiskan waktu liburan di sekitar Jayapura, Enggros dan Tobati kiranya bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Untuk aksesnya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat setibanya di Dermaga Pasar Yotefa untuk sampai di Enggros menggunakan perahu motor. Waktu yang dibutuhkan hingga ke tujuan hanya sekitar 15 menit dengan biaya Rp10.000, tak perlu repot bawa makanan. Tinggal memesan ikan apa saja, warga Enggros akan menyediakannya. Tak hanya itu Anda juga dapat menikmati kelapa muda di pesisir kampung Enggros yang memiliki laut tenang dan membiru.

2 komentar:

  1. ="apa itu ada di peta?" ingat pertanyaan itu ndak Rul? ha99... makanya..kasih peta yang gede biar si-boss ngerti kalau itu bukan sekedar "teluk impian"... ^_* =

    BalasHapus
  2. wahh bisa jadi destinasi menarik nih kalau ke papua hehe

    wisata bareng tour dieng yuk Paket Wisata Dieng

    BalasHapus